James Derulo's

Portfolio

Gerakan Cinta Biopori

Leave a Comment
Meningkatnya populasi penduduk dan kebutuhan akan air bersih membuat sebagian besar wilayah di Indonesia mengalami krisis air. Sebagai contoh, Bandung saat ini sedang mengalami krisis air bersih. Persediaan air baku di cekungan Bandung yang sudah hampir habis membuat sekitar 59.200 pelanggan PDAM di Kota Bandung mendapatkan air secara bergilir dan 33 persen warga Bandung menggunakan sumber air selain PDAM.
           
Angka 59.200 pelanggan ternyata merupakan 40 persen dari total 148.000 pelanggan PDAM. Mereka mendapatkan giliran aliran air beragam, mulai dari dua jam sehari sampai 12 jam per hari. Sementara sisanya, sebanyak 60 persen pelanggan PDAM di Kota Bandung sudah dapat menikmati aliran air bersih selama 24 jam. Hal ini mengindikasikan betapa sulitnya memperoleh air bersih di Kota Bandung. .
           
Menipisnya ketersediaan air tanah akibat intensitas pemakaian yang sangat tinggi oleh warga sekolah dan penduduk sekitar membuat daerah di sekitar Kota Bandung mengalami krisis air yang cukup parah. Hal ini juga diperparah dengan strukturisasi bangunan kota yang semuanya tertutup oleh semen. Air hujan yang turun menjadi tidak dapat diserap oleh tanah dan mengalir ke dataran yang lebih rendah. Kurangnya Daerah Resapan Air (DRA) di sekolah juga menjadi faktor utama terjadinya krisis air.

Tentu masalah ini harus mendapat respon dari pemerintah, juga masyarakat sekitar. Krisis air akan menghambat aktivitas dan kebutuhan masyarakat kota. Dalam hal ini, kami mengagas gerakan cinta biopori sebagai sentralisasi cadangan air dalam menghadapi krisis air yang terjadi. Biopori merupakan lubang resapan air artifisial yang murah dan ramah lingkungan. Biopori diharapkan dapat menjadi solusi dalam mengatasi krisis air yang terjadi.


Gerakan Cinta Biopori sendiri memiliki visi dan misi, yakni:


Visi:
"Menjadikan Lubang Resapan Biopori (LRB) sebagai solusi utama dalam mengatasi krisis air dan banjir di Indonesia."


Misi:
- "Mengajak masyarakat untuk terlibat dan ikut serta dalam pembuatan Lubang Resapan Biopori (LRB)"
- "Memberi informasi dan wawasan seputar cara pembuatan dan hal-hal yang berkaitan dengan Lubang Resapan Biopori (LRB)"
- "Menumbuhkan kesadaran masyarakat untuk menyediakan Lubang Resapan Biopori (LRB) dalam mencegah banjir dan krisis air di Indonesia.


Kami akan memulai gerakan ini dengan dukungan dari Aksi Klik Hati yang merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) dari PT. Mercy Farma. Diharapkan gerakan ini dapat menjadi solusi dan inovasi gerakan go green di Indonesia.


Mari bergabung bersama kami!


Follow Twitter kami : @gerakanbiopori
Add Facebook kami : Gerakan Biopori (gerakancintabiopori@gmail.com)


Mari dukung Gerakan Cinta Biopori untuk Indonesia yang lebih baik!

0 komentar:

Posting Komentar